Rabu, 09 Januari 2013

Cara Menghindari Penyebaran Flue

Holing sampai di rumah selama empat hari ketika sakit flu mungkin cukup untuk menghindari penyebaran virus kepada orang lain, sebuah studi baru menunjukkan dari Perancis.Rata-rata, orang-orang dengan flu yang menular selama satu hari setelah mereka mulai mengalami gejala. Hanya 5 persen dari penderita flu menular selama lebih dari tiga hari, studi ini ditemukan.
"Kami menemukan bahwa individu memiliki infektivitas yang tersisa sangat sedikit empat hari setelah gejala mereka,sehingga memang akan aman untuk [mereka] untuk kembali ke kehidupan normal" pada saat itu, kata peneliti Anne Cori, dari Universit√© Pierre et Marie Curie di Paris, yang mempelajari penyebaran penyakit menular . Infektivitas mengacu pada kemampuan individu untuk menginfeksi orang lain jika orang lain adalah rentan terhadap virus,  kata Cori.

Studi sebelumnya telah memperkirakan periode menular flu berada di mana saja dari satu hari ke delapan hari. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang yang menular selama lima sampai tujuh hari setelah mereka menunjukkan gejala.
Karena hampir tidak mungkin untuk mengetahui berapa lama seseorang memiliki kemampuan untuk menginfeksi orang lain i berdasarkan pengamatan saja,peneliti menggunakan metode alternatif untuk mempelajari pertanyaan ini. Studi baru meneliti informasi yang dikumpulkan dari eksperimen laboratorium di mana orang terinfeksi flu. Jumlah virus di dalam hidung setiap orang pada suatu waktu tertentu yang digunakan untuk menentukan bagaimana infeksi mereka.Informasi ini kemudian terhubung ke sebuah model matematika untuk mensimulasikan penyebaran penyakit.

Studi ini juga menemukan bahwa orang-orang yang menampilkan gejala flu perlu diisolasi sangat cepat untuk menghindari penularan penyakit.Para peneliti memperkirakan bahwa,dalam skenario kasus terbaik, orang sakit bisa mengurangi jumlah orang-orang yang menginfeksi sebesar 50 persen jika ia terisolasi atau diobati dalam waktu 16 jam untuk menunjukkan gejala.

Skenario ini mengasumsikan bahwa orang tidak menular sampai gejala muncul setelah - asumsi yang kadang dibuat untuk tujuan penelitian, tetapi tidak selalu berlaku di dunia nyata. Padahal, menurut CDC, kebanyakan orang dewasa yang sehat mungkin dapat menginfeksi orang satu hari sebelum gejala muncul.Karena itu sangat tidak mungkin bahwa seseorang akan terisolasi begitu cepat setelah menunjukkan gejala, sehingga bisa menyebar flu tanpa menyadarinya, cara yang lebih baik untuk mengontrol penyebaran flu akan juga mengisolasi atau mengobati orang yang memiliki telah kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, kata para peneliti.Randy Wexler, seorang profesor kedokteran keluarga di Ohio State University, mengatakan ia biasanya memberitahu orang-orang yang memiliki flu yang mereka menular selama satu sampai dua hari sebelum mereka menunjukkan gejala. Dia juga menyarankan mereka untuk tinggal di rumah selama 24 jam setelah demam hilang mereka.

Cara terbaik untuk menghindari penangkapan flu adalah untuk mendapatkan vaksin flu setiap tahun,menurut CDC. Sering mencuci tangan juga penting untuk pencegahan flu,Wexler mengatakan.Studi baru ini diterbitkan dalam edisi Agustus jurnal Epidemi.Menyebarkannya: Penyebaran flu dapat dikurangi jika orang yang terisolasi lama setelah mereka menunjukkan gejala, dan tinggal di rumah selama empat hari

sumber  : myhealthnewsdaily



0 komentar:

Posting Komentar