Jumat, 26 Juli 2013

Penyakit Jantung Sianotik

Penyakit Jantung Sianotik adalah cacat jantung bawaan yang menyebabkan kadar oksigen darah yang rendah.
Penyakit jantung bawaan atau sianotik adalah cacat jantung yang ditandai dengan warna kebiru-biruan pada kulit yang disebut sianosis.Ada beberapa cacat yang dapat menyebabkan jenis penyakit jantung,termasuk masalah dengan katup jantung,gangguan dalam aorta,dan dinding menebal dari ventrikel jantung.

Yang paling umum cacat jantung sianosis adalah :
-Transposisi dari arteri besar(TGA)
-Tetralogi Fallot(TOF)
-Truncus Arteriosus
-Trikuspid Atresia
-Jumlah anomali paru vena (TAPVC)

Transposisi dari Arteri Besar(TGA)
Ini adalah kondisi paling umum sianotik yang biasanya didiagnosis dalam beberapa minggu pertama kelahiran.Ini adalah cacat bawaan yang serius namun jarang terjadi,dimana dua arteri utama yang meninggalkan jantung yang dialihkan.Cacat mengubah cara darah bersikulasi melalui tubuh,hanya meninggalkan kekurangan oksigendalam darah yang mengalir dari jantung ke tubuh.Akibatnya,tubuh tidak mampu melakukan fungsi.Pengobatan umum untuk transposisi arteri besar adalah operasi korektif segera setelah lahir.

Tetralogi Fallot (TOF)
Tetralogi Fallot adalah salah satu yang paling dikenal lesi jantung sianosis.Kondisi ini disebabkan oleh kombinasi dari empat cacat jantung yang hadir saat lahir.Ini tidak hanya mempengaruhi struktur jantung tetapi  juga membuat darah kekurangan oksigen yang mengalir keluar dari jantung.

Truncus Arteriosus
Truncus Arteriosus adalah cacat jantung bawaan dimana satu pembuluh darah besar pada bayi mengarah keluar dari hati,selain itu dua ruang bawah jantung tidak memiliki sebagian dari dinding yang memisahkan mereka. Darah kekurangan oksigen yang masuk ke paru-paru dan darah yang kaya oksigen yang masuk ke seluruh tubuh,akibatnya ada masalh peredaran darah yang sangat parah.

Trikuspid Atresia
Ini adalah penyakit jantung bawaan dimana salah satu katup antara dua ruang jantung tidak terbentuk.Juga ada jaringan yang solid antar ruang.Dalam kondisi tersebut,darah tidak bisa mengalir melalui jantung dan paru-paru untuk mengambil oksigen oksigen seperti biasa.Bayi yang menyerah pada kondisi tersebut ,sering sesak napas dan memiliki kulit kebiru-biruan.Kebanyakan bayi yang berhasil menjalani operasi tersebut sudah dewasa akan cacat.

Jumlah Anomali Paru Vena
 Dalam kondisi ini ,darah tidak mengambil jalan normal dari paru-paru ke jantung ,tapi pembuluh darah dari paru-paru ke jantung dalam posisi abnormal dan masalah ini berarti darah beroksigen masuk atau kebocoran keruang yang salah.Ada obstruksi dari pembuluh darah paru yang cenderung membuat bayi bernapas lebih keras dan terlihat lebih biru karena kadar oksigen rendah. 


0 komentar:

Posting Komentar