Sabtu, 04 Agustus 2012

Flu Babi (H3N2v) : Wabah Baru



Tiga pekan terakhir ini terdapat 16 kasus wabah strain varian dari Flu Babi.Yang mengkhawatirkan adalah flu baru ini secara resmi disebut varian tipe A H3N2 atau H3N2v,membawa gen M dari bug pandemi flu H1N1 .Gen ini membuat bug flu dengan mudah menginfeksi manusia dan akan cepat menyebar.

Kasus manusia pertama yang terinfeksi pada juli 2011,sejak itu 29 kasus dilaporkan."Sejak tahun 2011 terjadi peningkatan besar dalam jenis infeksi".kata Joseph Bresee,MD,dari Divisi influensa CDC,pada konferensi pers yang diadakan untuk mengumumkan kasus baru,"semua 29 kasus telah terjangkit H3N2v dengan gen M pademi H1N1 ini dapat memberikan transmisibilitas dan penyebaran yang meningkat di antara manusia".

Semua kasus ini memiliki kontak dengan babi.sebagian kasus terjadi pada anak-anak yang kontak langsung dengan babi.Sepuluh kasus baru minggu ini terjadi di Ohio.Salah satunya di Indiana dan satu lagi di Hawaii.

Menurut Lisa Ferguson dari USDA,virus telah terdeteksi pada babi di 11 Negara.
Flu pada umumnya terjadi di antara babi,dan setiap tahunnya beberapa orang terjangkit bug flu babi.

Gejala Flu Babi (H3N2v)

Untungnya flu ini belum terlalu parah daripada flu musiman.Gejala-gejalanya adalah demam,batuk,sakit tenggorokan,nyeri otot,dan sakit kepala.Semua orang terinfeksi sepanjang tahun,tapi sembuh dengan sendirinya tanpa harus di rawat di Rumah Sakit.Tahun lalu ada tiga orang rawat inap ,karena terjadi flu yang parah.tetapi tidak ada yang meninggal.

Obat flu saat ini harus sama efektif terhadap flu babi dengan flu musiman.Namun saat ini vakasin flu tidak melindungi terhadap flu babi jenis baru.Vaksin flu babi telah diproduksi dan akan segera di uji secara klinis.

Apakah ini awal dari sebuah pandemi flu baru? mungkin,tapi mungkin juga tidak.H3N2v bisa menjadi virus pandemi tahun ini dalam kurun waktu 20 tahun.

"Mungkin ini baru virus antara babi belum menyangkut manusia"kata Bresee,'virus ini berbeda karena memperoleh gen M dari virus pandemi dan dapat menyebar di antara manusia.

CDC ingin tahu lebih banyak tentang flu babi yang baru.Orang yang sakit flu biasa didesak untuk pergi berobat ke dokter dan dokter didesak untuk mengumpulkan sampel pasien untuk pemeriksaan lebih lanjut di CDC.

Cara Menghindari Flu Babi

Ketika orang kontak dengan hewan ternak,CDC mengeluarkan saran khusus,yaitu :

- Jika anda hamil dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau memiliki resiko lain seperti flu berat,jangan sering bepergian.
- Cuci tangan dengan sabun dan dibilas sampai bersih sebelum dan sesudah kontak dengan hewan.
- Jangan membawa makanan atau minuman ke tempat yang terdapat hewan.
- jangan makan dan minum ditempat dimana terdapat hewan.

Meskipun seseorang dapat tertular flu babi dan kontak dengan babi,penyakit ini bisa menyebar dengan memakan daging babi.





SUMBER

1 komentar: