Kamis, 16 Agustus 2012

Golongan Darah Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung



Golongan darah anda dapat mempengaruhi
kesehatan jantung ,Studi baru menunjukkan dengan tipe A,B dan ABsedikit meningkatkan kemungkinan penyakit jantung.


Untuk mengatasi kecenderungan genetik ubah gaya hidup anda yang sehat seperti diet olahraga yang seimbang dan terkendali serta periksa tekanan darah,kolesterol dan berat badan,Para ahli mengatakan ",Data kami menunjukkan pentingnya mengetahui golongan darah sebagai salah satu faktor dalam kerentanan untuk penyakit jantung," kata pemimpin peneliti Dr Lu Qi,asisten profesor di departemen nutrisi di Harvard School of Public Health di Boston."Meskipun kami terus merekomendasikan gaya hidup sehat untuk semua orang,mereka yang membawa resiko tinggi jenis darah mungkin perlu lebih memperhatikan risiko mereka,"tambahnya.

Laporan ini diterbitkan dalam edisi jurnal Arterioscierosis,Thrombosis and Vascular Biology.Meskipun menemukan hubungan antara golongan darah dan peningkatan risiko penyakit jantung,hubungan sebab akibat tidak ditentukan.

Untuk penelitian ini,tim Qi mengumpulkan data dari 60.000 wanita yang ikut dalam studi kesehatan perawat dan lebih dari 17.000 orang di Health Studi.Peserta yang berumur antara 30 dan 75 tahun yang diikuti selama 20 tahun.
Para peneliti menemukan bahwa orang dengan golongan darah tipe AB (jenis darah langka) memiliki peningkatan risiko 23% terkena penyakit jantung di bandingkan dengan orang dengan golongan darah O .Peningkatan risiko adalah 11% untuk orang dengan golongan darah B,dan 5% bagi mereka dengan golongan darah A.

Sekitar 7% orang Amerika memiliki tipe AB ,sementara sekitar 43% memiliki golongan darah O.
Untuk mengisolasi konstribusi golongan darah untuk risiko penyakit jantung ,kelompok Qi menyumbang faktor diet ,usia,berat badan,jenis kelamin,ras,perokok,menopause dan riwayat kesehatan.
Peserta peneliti kebanyakan adalah berkulit putih,jadi apakah temuan ini berlaku bagi kelompok ras lainnya tidak diketahui,kata Qi.Begitu juga alasan peningkatan risiko terkait jenis golongan darah tertentu(golongan darah dan kolesterol).

Golongan darah A dikaitkan dengan tingkat kolesterol yang tinggi dari kolesterol jahat(LDL).
Untuk golongan darah O dapat berisi faktor yang membantu aliran darah dan mencegah pembekuan darah,kata mereka.

Golongan darah mungkin berhubungan dengan risiko kardiovaskuler,katanya.Faktor yang terlibat dalam pembekuan darah lebih tinggi adalah golongan darah selain O dan kadar kolesterol juga telah terbukti bervariasi oleh golongan darah.Respon inflamasi dan kekebalan tubuh juga mungkin berbeda dengan golongan darah.

Namun demikian ,risiko yang terkait dengan golongan darah selain O adalah umur,tekanan darah,kadar kolesterol,merokok,diabetes dan risiko lainnya yang merupakan faktor penentu deteksi risiko kardiovaskuler,"katanya.





sumber : Health24

0 komentar:

Poskan Komentar